Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 Teks Deskriptif, Fabel, Prosedur, dan Lengkap dengan Indikatornya


 

 

  1. Disajikan sebuah teks deskripsi yang di dalamnya terdapat sebuah istilah, peserta didik dapat menentukan sinonim istilah tersebut.

Cermatilah teks berikut! 

Toleransi gender semakin kuat di era modern ini. Tidak ada lagi pembeda yang signifikan terhadap perempuan dan laki-laki dalam bidang pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang dulunya hanya digeluti oleh para laki-laki kini sudah banyak diambil alih oleh para perempuan. Hal ini tentu menimbulkan sisi positif dan negatif. Dari segi positif perempuan tidak hanya menjadi pengurus rumah, memasak, atau mengurus keluarga saja. Perempuan kini bisa mengembangkan kemampuan pada berbagai bidang yang diinginkan.

Makna kata signifikan dalam teks tersebut adalah ....

a.       sesuai

b.       besar

c.       setara

d.       berarti

2.       Disajikan sebuah teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan isi teks tersebut dengan tepat.

Eksotik! Mungkin hanya kata itu yang paling tepat untuk menggambarkan keindahan Pantai Pulau Rupat. Pulau kecil yang masuk Kabupaten Bengkalis ini memang memesona. Pantainya berupa hamparan pasir putih terbentang sepanjang lebih kurang 17 km. Butiran halus pasir putih tampak menyelubungi pulau seluas 152.000 ha. Sepanjang mata memandang kilauan pasir putih tersebut begitu menyeruak.

 

    Pantai di Pulau Rupat membentang sepanjang 12 km mulai dari kawasan Tanjung Medang, Teluk Rhu, sampai Tanjung Punak. Air laut bersih dan ombak tidak terlalu besar sangat nyaman digunakan untuk mandi, berenang, dan olahraga air. Hamparan luas pasir putih sangat cocok untuk tempat berjemur dan bermain pasir. Pohon nyiur dan pinus berjajar di sepanjang pantai menambah elok suasana.

 

    Kesempurnaan Pulau Rupat makin terlihat jelas dengan adanya mercusuar yang ada di pulau itu. Jika kita melihat Pulau Rupat dari puncak mercusuar yang beranak tangga dua belas ini akan terbentang keindahan sekeliling Pulau Rupat. Pulau-pulau kecil berpasir putih dengan jajaran pohon kelapa dan bakau terpampang di depan mata. Kapal-kapal yang lalu lalang di Selat Malaka pun terlihat jelas dari puncak mercusuar.

 

 

Pernyataan yang sesuai dengan teks deskripsi tersebut adalah ....

 

a.       Pantai di Pulau Rupat berupa hamparan pasir putih terbentang sepanjang lebih kurang 152.000 ha.

 

b.       Air laut yang terdapat di Pantai Pulau Rupat sangat bersih dan ombaknya tidak terlalu besar

 

c.       Pohon kelapa dan hutan bakau berjajar di sepanjang pantai menambah elok suasana.

 

d.       Pulau-pulau kecil berpasir putih dengan jajaran pohon kelapa dan pinus terpampang di depan mata.

3.       Disajikan sebuah teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan judul yang tepat untuk teks tersebut.

Saat berada di pantai, tentu ada keinginan menyaksikan matahari yang terbit atau matahari terbenam. Begitu pula, saat berada di Pantai Pahawang yang ada di Lampung, keindahan matahari terbit dan terbenam bisa Anda saksikan.

Pemandangan memesona tersaji di pantai ini. Bentuk semenanjung sangat mendukung wisatawan untuk menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Perbukitan hijau memanjang di sebelah kanan pantai, di sebelah kiri terdapat perkampungan nelayan dengan aneka ragam perahu tradisional. Selain itu, hutan cagar alam sebagai penyangga ekosistem dan tujuan wisata pun ada di sisi kanan pantai.

Di sini pun banyak dijumpai kios cendera mata yang menjual benda-benda kerajinan lokal yang dapat kita jadikan oleh-oleh atau benda hiasan di rumah. Penginapan pun tersedia untuk Anda yang berniat bermalam di pantai ini dan tidak ketinggalan pula toko-toko kelontong yang akan melayani kebutuhan logistik Anda saat berwisata.

Jika Anda tertarik dengan panorama matahari terbit atau tenggelam di sekitar pantai, Pantai Pahawang merupakan destinasi wisata yang direkomendasikan. Akan lebih menarik jika Anda mengabadikan momentum kebersamaan di pantai ini dengan teman atau keluarga dalam media foto dan video yang dapat dijadikan sebagai pengalaman yang menyenangkan.

Judul yang paling sesuai untuk teks deskripsi tersebut adalah...

A. Matahari Terbit dan Terbenam di pantai pahawang

B. Suguhan Matahari Terbit dan Terbenam di pantai Pahawang

C. Pantai Pahawang Menyuguhkan Matahari Terbit dan Terbenam

D. Menikmati Matahari Terbit dan Terbenam di pantai Pahawang

4.       Menentukan makna salah satu kata dalam   kutipan fabel tersebut dengan tepat;

Cermatilah teks fabel berikut!

 

"Hei kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?" Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat la suka.

 

Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Sang semut sangat tinggi hati. Si kepompong hanya diam mendengar ejekan tersebut. Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong... tolong... Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas.

Makna kata tinggi hati adalah….

a.       banyak bicara

b.       sombong

c.       ceroboh

d.       hatinya jauh

5.       Makna simbol salah satu kata/frasa dalam kutipan tersebut dengan tepat.

Para penghuni rimba merasa kurang senang. Keangkuhan si merak semakin menjadi-jadi. Setiap berjumpa penghuni rimba lainnya, merak selalu memamerkan bulu-bulunya itu.

 

Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?" kata merak berulang kali tanpa bosan-bosan.

 

Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada si merak. "Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak," pikil kancil suatu hari. Lantas kancil membisiki beberapa teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai. Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya. Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya dapat dilihat siapa saja.

 

Simbol bulu tersebut mengandung makna....

 

A. kekayaan

 

B. keindahan

 

C. kebaikan

 

D. kesombongan

6.       Menentukan struktur teks fabel tersebut dengan tepat.

Di hutan yang rindang, hidup seekor anak landak yang merasa kesepian. Landi namanya. Landi tidak mempunyai teman karena teman-temannya takut tertusuk duri tajam yang ada di badannya. “Maaf Landi, kami ingin bermain denganmu, tapi durimu sangat tajam,” kata Cici dan teman-temannya. Tinggallah Landi sendirian. Ia hanya bisa bersedih. “Mengapa mereka tidak mau berteman dan bermain denganku? Padahal tidak ada seekor binatang pun yang pernah tertusuk duriku,” gumam Landi.

 

Berdasarkan struktur teks fabel, bagian kutipan fabel tersebut adalah …

 

a.       perkenalan

 

b.       komplikasi

 

c.       klimaks

 

d.       penyelesaian

7.       Disajikan kutipan fabel, peserta didik dapat menentukan konflik dari kutipan fabel tersebut dengan tepat.

Suatu ketika terjadi musim kemarau yang sangat lama. Banyak mata air menjadi kering. Para hewan pun kesulitan mendapatkan air. Tetapi ada suatu kolam yang masih berisi air. Kolam itu dijaga oleh seekor babon yang mengaku sebagai pemilik kolam. Suatu hari zebra datang untuk minum di sana. Saat itu zebra masih berbulu putih polos. Melihat zebra mendekati kolamnya, babon marah dan mendorong zebra. Zebra terjatuh dekat api unggun. Api unggun itu dibuat babon untuk menghangatkan badannya jika malam hari tiba. Beberapa bagian bulu zebra hangus terkena api. Kejadian itu menyisakan belang-belang hitam. Ternyata zebra menyukai belang-belang itu. Sejak saat itulah bulu-bulu zebra menjadi belang putih hitam.

Konflik pada kutipan fabel tersebut adalah….

a.    Tokoh Babon marah karena tokoh Zebra mendekati kolamnya

b.    Tokoh Babon mendorong tokoh Zebra di dekat api unggun.

c.    Tokoh Zebra mengaku sebagai pemilik kolam

d.    Kolam milik tokoh Babon kering saat musim kemarau

8.       Disajikan lima kalimat acak pada teks prosedur, peserta didik dapat menentukan susunan yang tepat kalimat-kalimat tersebut dengan tepat.

Perhatikan teks prosedur berikut ini!

1) Menyiram dengan air secukupnya.

2) Membungkus tanah yang telah ditempelkan dengan menggunakan sabut atau plastik.

3) Mengerat kulit batang sepanjang 10 cm.

4) Membungkus tanah keratan bagian atas dengan tanah yang subur.

5) Memilih tangkai yang sehat dan tegak.

Urutan langkah petunjuk mencangkok tanaman di atas yang tepat adalah ....

a. 5-3-4-2-1

b. 5-1-3-4-2

c. 1-3-4-2-5

d. 1-5-3-4-2

9.       Disajikan kalimat petunjuk melakukan sesuatu rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya dengan tepat.

Petunjuk memasak pisang goreng gurih (tanpa tepung)

(1) Kupas pisang dengan pisau!

(2) Iris tipis-tipis (sesuai selera)!

(3) Taruh garam secukupnya, ratakan!

(4) [...]

(5) Letakkan wajan di atas kompor!

(6) Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan!

(7) Panaskan!

(8) [...]

(9) Goreng sampai kuning kecoklatan!

(10) Angkat kemudian sajikan!

 

Untuk melengkapi kalimat yang rumpang pada petunjuk tersebut yang tepat adalah ...

A. (4) Masukkan pisang ke dalam wajan

    (8) Nyalakan kompor

B. (4) Nyalakan kompor

    (8) Masukkan pisang ke dalam wajan

C. (4) Cuci pisang sampai bersih

    (8) Matikan kompor

D. (4) Masukkan pisang ke dalam wajan

    (8) Cuci pisang sampai bersih

10 Disajikan sebuah kutipan teks prosedur , peserta didik dapat menentukan beberapa jenis kata keterangan yang terdapat pada kutipan tersebut dengan tepat

Kalimat berikut yang menggunakan kata keterangan akibat adalah .... 

a.       Balik telur dengan spatula.

b.       Rendam daging agar bumbu meresap.

c.       Matikan kompor jika sup sudah matang.

d.       Aduk bahan sampai tercampur rata.