- Disajikan
sebuah teks deskripsi yang di dalamnya terdapat sebuah istilah, peserta didik dapat menentukan sinonim
istilah tersebut.
Cermatilah teks berikut!
Toleransi gender semakin kuat di era modern
ini. Tidak ada lagi pembeda yang signifikan terhadap perempuan dan laki-laki
dalam bidang pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang dulunya hanya digeluti oleh
para laki-laki kini sudah banyak diambil alih oleh para perempuan. Hal ini
tentu menimbulkan sisi positif dan negatif. Dari segi positif perempuan tidak
hanya menjadi pengurus rumah, memasak, atau mengurus keluarga saja. Perempuan
kini bisa mengembangkan kemampuan pada berbagai bidang yang diinginkan.
Makna kata signifikan dalam teks tersebut adalah ....
a.
sesuai
b.
besar
c.
setara
d.
berarti
2. Disajikan sebuah teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang merupakan isi teks tersebut dengan tepat.
Eksotik! Mungkin hanya kata itu yang paling tepat untuk
menggambarkan keindahan Pantai Pulau Rupat. Pulau kecil yang masuk Kabupaten
Bengkalis ini memang memesona. Pantainya berupa hamparan pasir putih terbentang
sepanjang lebih kurang 17 km. Butiran halus pasir putih tampak menyelubungi
pulau seluas 152.000 ha. Sepanjang mata memandang kilauan pasir putih tersebut
begitu menyeruak.
Pantai di Pulau Rupat
membentang sepanjang 12 km mulai dari kawasan Tanjung Medang, Teluk Rhu, sampai
Tanjung Punak. Air laut bersih dan ombak tidak terlalu besar sangat nyaman
digunakan untuk mandi, berenang, dan olahraga air. Hamparan luas pasir putih
sangat cocok untuk tempat berjemur dan bermain pasir. Pohon nyiur dan pinus
berjajar di sepanjang pantai menambah elok suasana.
Kesempurnaan Pulau Rupat
makin terlihat jelas dengan adanya mercusuar yang ada di pulau itu. Jika kita
melihat Pulau Rupat dari puncak mercusuar yang beranak tangga dua belas ini
akan terbentang keindahan sekeliling Pulau Rupat. Pulau-pulau kecil berpasir
putih dengan jajaran pohon kelapa dan bakau terpampang di depan mata.
Kapal-kapal yang lalu lalang di Selat Malaka pun terlihat jelas dari puncak
mercusuar.
Pernyataan yang sesuai dengan teks deskripsi tersebut adalah ....
a.
Pantai di Pulau Rupat berupa hamparan
pasir putih terbentang sepanjang lebih kurang 152.000 ha.
b.
Air laut yang terdapat di Pantai Pulau
Rupat sangat bersih dan ombaknya tidak terlalu besar
c.
Pohon kelapa dan hutan bakau berjajar
di sepanjang pantai menambah elok suasana.
d.
Pulau-pulau kecil berpasir putih
dengan jajaran pohon kelapa dan pinus terpampang di depan mata.
3.
Disajikan
sebuah teks deskripsi, peserta didik dapat menentukan judul yang tepat untuk
teks tersebut.
Saat berada di pantai, tentu ada keinginan menyaksikan matahari
yang terbit atau matahari terbenam. Begitu pula, saat berada di Pantai Pahawang
yang ada di Lampung, keindahan matahari terbit dan terbenam bisa Anda saksikan.
Pemandangan memesona tersaji di pantai ini. Bentuk semenanjung
sangat mendukung wisatawan untuk menikmati indahnya matahari terbit dan
terbenam. Perbukitan hijau memanjang di sebelah kanan pantai, di sebelah kiri
terdapat perkampungan nelayan dengan aneka ragam perahu tradisional. Selain
itu, hutan cagar alam sebagai penyangga ekosistem dan tujuan wisata pun ada di
sisi kanan pantai.
Di sini pun banyak dijumpai kios cendera mata yang menjual
benda-benda kerajinan lokal yang dapat kita jadikan oleh-oleh atau benda hiasan
di rumah. Penginapan pun tersedia untuk Anda yang berniat bermalam di pantai
ini dan tidak ketinggalan pula toko-toko kelontong yang akan melayani kebutuhan
logistik Anda saat berwisata.
Jika Anda tertarik dengan panorama matahari
terbit atau tenggelam di sekitar pantai, Pantai Pahawang merupakan destinasi
wisata yang direkomendasikan. Akan lebih menarik jika Anda mengabadikan
momentum kebersamaan di pantai ini dengan teman atau keluarga dalam media foto
dan video yang dapat dijadikan sebagai pengalaman yang menyenangkan.
Judul yang paling sesuai untuk teks
deskripsi tersebut adalah...
A. Matahari Terbit dan Terbenam di
pantai pahawang
B. Suguhan Matahari Terbit dan
Terbenam di pantai Pahawang
C. Pantai Pahawang Menyuguhkan
Matahari Terbit dan Terbenam
D. Menikmati Matahari Terbit dan
Terbenam di pantai Pahawang
4.
Menentukan makna salah satu
kata dalam kutipan fabel tersebut
dengan tepat;
Cermatilah teks fabel berikut!
"Hei kepompong alangkah jelek nasibmu.
Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang
luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?" Sang semut selalu
membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat la suka.
Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban
yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang
yang paling hebat. Sang semut sangat tinggi hati. Si kepompong hanya diam
mendengar ejekan tersebut. Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman
itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin
membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir
tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk
meminta bantuan. Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong... tolong...
Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas.
Makna kata tinggi hati adalah….
a.
banyak bicara
b.
sombong
c.
ceroboh
d.
hatinya jauh
5. Makna simbol salah satu
kata/frasa dalam kutipan tersebut dengan tepat.
Para penghuni rimba merasa kurang senang.
Keangkuhan si merak semakin menjadi-jadi. Setiap berjumpa penghuni rimba
lainnya, merak selalu memamerkan bulu-bulunya itu.
Siapa yang bisa menandingi keelokan
diriku?" kata merak berulang kali tanpa bosan-bosan.
Tentu saja teman-temannya kian jengkel
kepada si merak. "Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak," pikil
kancil suatu hari. Lantas kancil membisiki beberapa teman lain. Di antaranya
kijang, kelinci, dan tupai. Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya.
Jalannya dibuat miring-miring agar bagian bulunya dapat dilihat siapa saja.
Simbol bulu tersebut mengandung makna....
A. kekayaan
B. keindahan
C. kebaikan
D. kesombongan
6.
Menentukan struktur
teks fabel tersebut dengan tepat.
Di hutan yang rindang, hidup seekor anak
landak yang merasa kesepian. Landi namanya. Landi tidak mempunyai teman karena
teman-temannya takut tertusuk duri tajam yang ada di badannya. “Maaf Landi,
kami ingin bermain denganmu, tapi durimu sangat tajam,” kata Cici dan
teman-temannya. Tinggallah Landi sendirian. Ia hanya bisa bersedih. “Mengapa
mereka tidak mau berteman dan bermain denganku? Padahal tidak ada seekor
binatang pun yang pernah tertusuk duriku,” gumam Landi.
Berdasarkan struktur teks fabel, bagian
kutipan fabel tersebut adalah …
a.
perkenalan
b.
komplikasi
c.
klimaks
d.
penyelesaian
7.
Disajikan kutipan
fabel, peserta didik dapat menentukan konflik dari kutipan fabel tersebut
dengan tepat.
Suatu ketika terjadi musim kemarau yang
sangat lama. Banyak mata air menjadi kering. Para hewan pun kesulitan
mendapatkan air. Tetapi ada suatu kolam yang masih berisi air. Kolam itu dijaga
oleh seekor babon yang mengaku sebagai pemilik kolam. Suatu hari zebra datang
untuk minum di sana. Saat itu zebra masih berbulu putih polos. Melihat zebra
mendekati kolamnya, babon marah dan mendorong zebra. Zebra terjatuh dekat api
unggun. Api unggun itu dibuat babon untuk menghangatkan badannya jika malam
hari tiba. Beberapa bagian bulu zebra hangus terkena api. Kejadian itu menyisakan
belang-belang hitam. Ternyata zebra menyukai belang-belang itu. Sejak saat
itulah bulu-bulu zebra menjadi belang putih hitam.
Konflik pada kutipan fabel tersebut
adalah….
a.
Tokoh Babon marah karena
tokoh Zebra mendekati kolamnya
b.
Tokoh Babon mendorong tokoh
Zebra di dekat api unggun.
c.
Tokoh Zebra mengaku sebagai
pemilik kolam
d.
Kolam milik tokoh Babon
kering saat musim kemarau
8.
Disajikan lima
kalimat acak pada teks prosedur, peserta didik dapat menentukan susunan yang
tepat kalimat-kalimat tersebut dengan tepat.
Perhatikan teks prosedur berikut ini!
1) Menyiram dengan air secukupnya.
2) Membungkus tanah yang telah ditempelkan
dengan menggunakan sabut atau plastik.
3) Mengerat kulit batang sepanjang 10 cm.
4) Membungkus tanah keratan bagian atas
dengan tanah yang subur.
5) Memilih tangkai yang sehat dan tegak.
Urutan langkah petunjuk mencangkok tanaman
di atas yang tepat adalah ....
a. 5-3-4-2-1
b. 5-1-3-4-2
c. 1-3-4-2-5
d. 1-5-3-4-2
9.
Disajikan kalimat
petunjuk melakukan sesuatu rumpang, peserta didik dapat menentukan kalimat yang
tepat untuk melengkapinya dengan tepat.
Petunjuk memasak pisang goreng gurih (tanpa
tepung)
(1) Kupas pisang dengan pisau!
(2) Iris tipis-tipis (sesuai selera)!
(3) Taruh garam secukupnya, ratakan!
(4) [...]
(5) Letakkan wajan di atas kompor!
(6) Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan!
(7) Panaskan!
(8) [...]
(9) Goreng sampai kuning kecoklatan!
(10) Angkat kemudian sajikan!
Untuk melengkapi kalimat yang rumpang pada
petunjuk tersebut yang tepat adalah ...
A. (4) Masukkan pisang ke dalam wajan
(8) Nyalakan kompor
B. (4) Nyalakan kompor
(8) Masukkan pisang ke dalam wajan
C. (4) Cuci pisang sampai bersih
(8) Matikan kompor
D. (4) Masukkan pisang ke dalam wajan
(8) Cuci pisang sampai bersih
10 Disajikan sebuah
kutipan teks prosedur , peserta didik dapat menentukan beberapa jenis kata
keterangan yang terdapat pada kutipan tersebut dengan tepat
Kalimat berikut yang menggunakan kata
keterangan akibat adalah ....
a. Balik telur dengan spatula.
b. Rendam daging agar bumbu meresap.
c. Matikan kompor jika sup sudah matang.
d. Aduk bahan sampai tercampur rata.