Jurnal Refleksi Mata Kuliah Pembelajaran Sosial Emosional


 


Nonny Komala Sari.S – PPG Fisika- Seminar PPG

Nama Matakuliah

Pembelajaran Sosial Emosional

Review pengalaman belajar.

Mata kuliah PSE adalah mata kuliah inti pada semester 2 yang sekarang masih berlangsung.

 

Saya akan mereview topik 1 yaitu Kompetensi Sosial Emosional berdasar Kerangka Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL)

 

Adapun hal-hal yang saya pelajari adalah:

1.    Fungsi

Fungsi dari pembelajaran social emosional adalah untuk program preventif dan promotif (peningkatan). Artinya mencegah masalah perilaku dengan meningkatkan kompetensi sosial-emosional. Dengan SEL siswa menjadi lebih baik secara akademik, memiliki sikap dan attitude yang baik, dan lebih jarang bertindak nakal dan mengganggu.

  1. Kompetensi Sosial dan Emosional

“Collaborative for Academic, Social and Emotional Learning” (CASEL) mengelompokkan komponen pembelajaran sosial-emosional menjadi 5 komponen yaitu:

·         Self-awareness (Kesadaran diri)

Kemampuan untuk memahami emosi, pemikiran, dan nilai-nilai yang mempengaruhi perilaku dalam berbagai situasi.

·         Self -management (Manajemen diri)

Kemampuan untuk mengatur emosi, pemikiran dan perilaku secara efektif pada situasi yang berbeda.

·         Responsible decision making (Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

Membuat pilihan yang tepat dan konstruktif pada situasi tertentu

·         Social awareness (kesadaran sosial)

Kemampuan memahami perspektif yang berbeda termasuk berempati terhadap kondisi individu dengan latar belakang yang berbeda.

·         Relationship skills (keterampilan sosial)

Kemampuan menjalin dan mempertahankan hubungan/relasi yang sehat dan efektif dengan individu dari latar belakang yang berbeda

 

Refleksi pengalaman belajar yang dipilih

1) Mengapa topik-topik tersebut penting dipelajari?

Pembelajaran emosional adalah bagian penting dalam pendidikan dan dalam relasi sosial manusia. Pembelajaran sosial-emosional adalah proses untuk membantu peserta didik mengembangkan kemampuan dasar untuk hidup dengan baik. Dalam hal ini peserta didik tidak hanya fokus pada diri sendiri ataupun hanya pada keterampilan, kompetensi, tetapi juga pada relasi yang baik dengan orang lain dan lingkungan

 

 

2) Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang ada pada mata kuliah tersebut?

Dengan menggunakan alur MERDEKA.

·         Pada tahap M, mulai dari diri, saya menjawab pertanyaan tentang pengalaman saya dalam mengelola emosi dan pendapat dan pemahaman awal saya tentang kompetensi social emosional seorang guru.

·         Pada tahap E, eksplorasi konsep, saya mempelajari tentang CASEL dan 5 kompetensi social emosional

·         Pada tahap R, ruang kolaborasi, saya bersama teman-teman satu kelompok menganalisa kompetensi social emosional dari 3 kasus, yaitu seorang guru yang bernama Butet dengan masalah yang dialaminya terkait perasaan dan keputusan-keputusan yang diambilnya dalam pembelajaran dan pelaksanaan tugasnya sebagai guru.
Lalu kami merancang teknik pembelajaran KSE pada :

a.       Di luar kegiatan akademik

b.      Terintegrasi dalam mata pelajaran

c.       Protokol (budaya dan tata tertib)

 

·         Pada tahap D, demonstrasi kontekstual, saya dan teman-teman memasukkan teknik pembelajaran tersebut dalam salah satu RPP mata pelajaran yang akan diampu

 

·         Pada tahap E, elaborasi pemahaman, seharusnya kami berdiskusi dengan dosen, namun tahap ini tidak terlaksana

·         Pada tahap K, koneksi antar materi, saya membuat infografis Teknik yang dipakai dalam pembelajaran social emosional

·         Pada tahap A, aksi nyata, saya dan kelompok saya merevisi RPP yang sudah Anda buat pada tahap Demonstrasi Kontekstual berdasarkan umpan balik dari fasilitator. Unggah RPP revisi dan video Anda.

3)Apakah strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting bagi saya? Mengapa?

 

Strategi dengan alur MERDEKA ini sudah membantu saya untuk memahami topik ini. Setelah mempelajari konsepnya, ada produk yang saya hasilkan dari topik ini yaitu berupa RPP KSE. Jadi alur MERDEKA menjadi penuntun bagi saya untuk mempelajari topik ini.

Analisis artefak pembelajaran

 

Berikut ini adalah artefak yang ada pada topik 1:

 

1.      Artefak ruang kolaborasi dengan teman satu kelompok mengenai social emosional guru Butet : https://www.rumahpintarpku.com/2023/03/ruang-kolaborasi-topik-1-pembelajaran.html

2.      Artefak koneksi antar materi pengaruh lingkungan  belajar terhadap hasil belajar:

 

 

 

3.      Artefak hasil RPP KSE

 

Kedua artefak ini merupakan hasil dari apa yang saya pelajari dari topik 4.  Saya belajar tentang lingkungan kelas yang aman, nyaman dan berpihak pada ekosistem pembelajaran menjadi hal yang penting dan bagaimana guru menciptakan lingkungan kelas yang aman, nyaman, dan berpihak pada ekosistem pembelajaran

 

https://www.studocu.com/id/document/universitas-riau/pendidikan-sosial-emosional/rpp-kuat-medan-gravitasi-kelas-xfisika/51455563

Pembelajaran bermakna (good practices)

 

Setelah menyelesaikan topik ini, saya mendapat pengetahuan baru bahwa:

 

1.      Bagaimana teknik pembelajaran social emosional?

2.      Bagaimana cara membuat RPP KSE?

3.      Bagaimana menjadi guru dengan kompetensi social emosional yang baik?

4.      Pentingnya pembelajaran social emosional