
Nonny Komala Sari.S – PPG Fisika- Seminar PPG |
|
Nama Matakuliah |
Pembelajaran Sosial Emosional |
Review pengalaman belajar. |
Mata kuliah PSE
adalah mata kuliah inti pada semester 2 yang sekarang masih berlangsung. Saya akan mereview topik 1 yaitu Kompetensi
Sosial Emosional berdasar Kerangka Collaborative for Academic, Social, and
Emotional Learning (CASEL) Adapun hal-hal yang saya pelajari adalah: 1.
Fungsi Fungsi dari
pembelajaran social emosional adalah untuk program preventif dan
promotif (peningkatan). Artinya
mencegah masalah perilaku dengan meningkatkan kompetensi sosial-emosional. Dengan SEL siswa menjadi lebih baik secara akademik,
memiliki sikap dan attitude yang baik, dan lebih jarang bertindak nakal dan
mengganggu.
“Collaborative for Academic, Social and
Emotional Learning” (CASEL) mengelompokkan komponen pembelajaran
sosial-emosional menjadi 5 komponen yaitu: ·
Self-awareness (Kesadaran diri) Kemampuan untuk memahami emosi, pemikiran,
dan nilai-nilai yang mempengaruhi perilaku dalam berbagai situasi. ·
Self -management (Manajemen diri) Kemampuan untuk mengatur emosi, pemikiran
dan perilaku secara efektif pada situasi yang berbeda. ·
Responsible decision making (Pengambilan
keputusan yang bertanggung jawab) Membuat pilihan yang tepat dan konstruktif
pada situasi tertentu ·
Social awareness (kesadaran sosial) Kemampuan memahami perspektif yang berbeda
termasuk berempati terhadap kondisi individu dengan latar belakang yang
berbeda. ·
Relationship skills (keterampilan sosial) Kemampuan menjalin dan mempertahankan
hubungan/relasi yang sehat dan efektif dengan individu dari latar belakang
yang berbeda |
Refleksi pengalaman belajar yang dipilih |
1) Mengapa topik-topik tersebut penting dipelajari? Pembelajaran
emosional adalah bagian penting dalam pendidikan dan dalam relasi sosial
manusia. Pembelajaran
sosial-emosional adalah proses untuk membantu peserta didik
mengembangkan kemampuan dasar untuk hidup dengan baik. Dalam hal ini peserta didik tidak hanya
fokus pada diri sendiri ataupun hanya pada keterampilan, kompetensi, tetapi
juga pada relasi yang baik dengan orang lain dan lingkungan |
|
2) Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang ada pada
mata kuliah tersebut? Dengan menggunakan alur MERDEKA. ·
Pada tahap M, mulai dari diri, saya menjawab pertanyaan tentang
pengalaman saya dalam mengelola emosi dan pendapat dan pemahaman awal saya
tentang kompetensi social emosional seorang guru. ·
Pada tahap E, eksplorasi konsep, saya mempelajari tentang CASEL dan 5
kompetensi social emosional ·
Pada tahap R, ruang kolaborasi, saya bersama teman-teman satu
kelompok menganalisa kompetensi social emosional dari 3 kasus, yaitu seorang
guru yang bernama Butet dengan masalah yang dialaminya terkait perasaan dan
keputusan-keputusan yang diambilnya dalam pembelajaran dan pelaksanaan
tugasnya sebagai guru. a. Di luar kegiatan akademik b. Terintegrasi dalam mata pelajaran c. Protokol (budaya dan
tata tertib) ·
Pada tahap D, demonstrasi kontekstual, saya dan teman-teman memasukkan
teknik pembelajaran tersebut dalam salah satu RPP mata pelajaran yang akan diampu ·
Pada tahap E, elaborasi pemahaman, seharusnya kami berdiskusi dengan
dosen, namun tahap ini tidak terlaksana ·
Pada tahap K, koneksi antar materi, saya membuat infografis Teknik yang
dipakai dalam pembelajaran social emosional ·
Pada tahap A, aksi nyata, saya dan kelompok saya merevisi RPP yang
sudah Anda buat pada tahap Demonstrasi Kontekstual berdasarkan umpan balik
dari fasilitator. Unggah RPP revisi dan video Anda. 3)Apakah strategi yang
diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting
bagi saya? Mengapa? Strategi dengan
alur MERDEKA ini sudah membantu saya untuk memahami topik ini. Setelah mempelajari konsepnya, ada produk yang saya
hasilkan dari topik ini yaitu berupa RPP KSE. Jadi alur MERDEKA menjadi penuntun bagi saya untuk mempelajari topik ini. |
Analisis artefak
pembelajaran |
Berikut ini adalah
artefak yang ada pada topik
1: 1.
Artefak ruang kolaborasi dengan teman satu kelompok mengenai social emosional
guru Butet : https://www.rumahpintarpku.com/2023/03/ruang-kolaborasi-topik-1-pembelajaran.html
2.
Artefak koneksi antar materi pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar: 3.
Artefak hasil RPP KSE Kedua artefak ini
merupakan hasil dari apa yang saya pelajari dari topik 4. Saya belajar tentang lingkungan kelas yang
aman, nyaman dan berpihak pada ekosistem pembelajaran menjadi hal yang penting
dan bagaimana
guru menciptakan lingkungan kelas yang aman, nyaman, dan berpihak pada
ekosistem pembelajaran |
Pembelajaran bermakna (good practices) |
Setelah menyelesaikan topik
ini, saya mendapat pengetahuan baru bahwa: 1. Bagaimana teknik pembelajaran social emosional? 2. Bagaimana cara membuat RPP KSE? 3. Bagaimana
menjadi guru dengan kompetensi social emosional yang baik? 4. Pentingnya pembelajaran social emosional |